Blog

Proyek Akhir

Sistem Informasi

1. Komponen Input
    Merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi, sebagai berikut:
a. Data Master
b. Data Hak Akses/Login
c. Data Pendaftaran,
d. Data Abstrak dan Papper
    e. Data Pembayaran
f. Hasil Pengecekan Selesksi Abstrak
g. Hasil Pengecekan pembayaran
h. Hasil Plotting Artikel

Contoh: Input Data Master Admin/Panitia

input.png

2. Komponen Model

Kombinasi prosedur,logika,dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

a. Pada penjadwalan kegiatan semua fitur mengikuti jadwal jadi fitur tertentu bisa
diakses jika dalam kurun waktu yang ditentukan. Contoh: Peserta tidak dapat
melakukan pendaftaran jika belum waktunya atau sudah melewati.

model1.png

b. Pada Konfirmasi Pembayaran Peserta/Pemakalah dapat mencetak invoice jika
pembayarannya telah divalidasi dan diterima oleh admin

model2.png

c. Pada upload paper, presentasi dan revisi artikel tidak dapat diakses jika abstrak tidak
diterima oleh admin atau panitia

modul3.png

3. Komponen Output

informasi yang  berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.

a. Informasi Data master

Output1.png

b. Cetak Invoice. dan lain-lain

Output2.png

4. Komponen Teknologi

merupakan alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan melakukan pengendalian sistem.

a. Software XAMPP
b. Framework CodeIgniter (mvc)
c. Software Sublime

5. Komponen Basis Data

merupakan kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan didalam komputer dengan menggunakan softwre database menggunakan software Database PhpMyAdmin

6. Komponen Kontrol

pengendalian yang dirancang untuk menanggulangi gangguan terhadap sistem informasi. Dengan melakukan maintenance

 

Advertisements
Proyek Akhir

Proposal Proyek Akhir

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI
SEMINAR NASIONAL STUDI KASUS: BALAI RISET DAN
STANDARISASI INDUSTRI SURABAYA

A.   Latar Belakang Masalah

Peranan Industri dalam kemajuan suatu perusahaan atau badan usaha merupakan hal yang sangat penting. Hasil riset yang dilakukan oleh peneliti, perekayasa, akademisi, dan praktisi industri tampaknya banyak berkembang dan dibutuhkan oleh alih teknologi sehingga dapat disempurnakan hingga diaplikasikan. Divisi Pengembangan Jasa Teknis, Balai Riset dan Standarisasi Industri Surabaya bermaksud mengadakan seminar nasional teknologi, inovasi, dan standarisasi industri yang mempunyai tema peran hasil riset yang tepat guna dalam mendukung iklim perindustrian di Indonesia menjembatani antara perkembangan teknologi, hasil riset sehingga dapat menyelesaikan permasalahan industri. Kegiatan tersebut tentunya dibutuhkan suatu sistem informasi administrasi agar pihak-pihak yang terkait dapat melakukan dengan mudah serta data yang dikelola dan hasilnya bisa akurat dan efisien.

Pada saat pendaftaran membutuhkan waktu yang lama dalam rekap data calon peserta atau pemakalah dan proses validasi dari beberapa data calon pendaftar, seperti: pengecekan pembayaran, seleksi abstrak dan lain-lain. Dalam proses konfirmasi ke calon peserta tentang hasil validasi jika menggunakan dokumen dikhawatirkan tidak tepat waktu dan terjadi kerusakan dokumen. Serta informasi seputar seminar nasional akan membutuhkan waktu yang lama jika dikirim secara manual dengan dokumen.

Balai Riset dan Standarisasi Industri Surabaya memerlukan suatu sistem informasi administrasi yang dapat mendukung pengiriman dan pengolahan data secara tepat waktu dan akurat. Sistem informasi administrasi ini nantinya dapat mempermudah jalannya kegiatan seminar nasional seperti pada proses pendaftaran, calon peserta atau pemakalah dapat mendaftar secara online dengan mengisi data pribadi dan berkas-berkas yang diperlukan. Panitia dimudahkan dalam proses konfirmasi dari bukti pembayaran peserta atau pemakalah, proses validasi, dan  informasi seputar seminar nasional yang hasilnya langsung bisa dicek dan download oleh peserta atau pemakalah secara online.

Berdasarkan uraian di atas maka dirancang sistem informasi administrasi Seminar Nasional studi kasus Balai Riset dan Standarisasi Industri Surabaya berbasis website sebagai media untuk mempermudah proses pendaftaran, konfirmasi bukti pembayaran, validasi berkas-berkas calon peserta/pemakalah dan laporan sesuai yang dibutuhkan. Data para peserta atau pemakalah dan hasil seminar nasional bisa dijadikan sebagai tolak ukur serta evaluasi untuk menjadikan kegiatan ini menjadi lebih baik di masa mendatang.

B.   Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana merancang bangun Sistem Informasi Administrasi Seminar Nasional yang dapat memudahkan calon pesrta atau pemakalah untuk mendaftar dan mengirim dokumen secara online?
  2. Bagaimana merancang bangun Sistem Informasi Administrasi Seminar Nasional yang dapat menvalidasi data calon peserta atau pemakalah dan plotting artikel untuk membantu pengambilan keputusan?

C.   Batasan Masalah

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka dapat disusun batasan masalah sebagai berikut:

  1. Data yang digunakan untuk simulasi diambil dari bagian Pengembangan Jasa Teknis pada periode Juli – Agustus 2017.
  2. Rancang Bangun Sistem Informasi Seminar Nasional yang dibahas meliputi :
    a. Rekam data pendaftaran dari peserta atau pemakalah.
    b. Validasi data pendaftaran peserta atau pemakalah dan seleksi abstrak bagi pemakalah.
    c. Plotting artikel pemakalah.
    d. Pelaporan data hasil seminar nasional.
  3. Pengguna dari Balai Riset dan Standarisasi Industri Surabaya adalah staff bagian Pengembangan Jasa Teknis. Para calon peserta/pemakalah Seminar Nasional.
  4. Tidak membahas kemanan jaringan dan menjadikan website public.

D.   Tujuan

Tujuan berdasarkan penelitian di atas, maka dapat disusun sebagai berikut:

  1. Merancang dan membuat sistem informasi administrasi yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan pendaftaran, mengirimkan dokumen secara online.
  2. Merancang dan membuat sistem informasi administrasi yang dapat digunakan untuk menvalidasi data pembayaran, seleski abstrak serta plotting artikel calon pemakalah untuk membantu pengambilan keputusan.

E.   Manfaat

Manfaat dalam pembuatan Sistem informasi administrasi Seminar Nasional adalah sebagai berikut:

  1. Bagi Pelaksana Divisi Pengembangan Jasa Teknis
    a. Dapat meminimalisir penggunaan kertas dalam pembuatan surat keluar.
    b. Dapat mengirimkan informasi atau konfirmasi kepada calon peserta atau
    pemakalah secara realtime.
    c. Dapat mengelompokkan data para peserta atau pemakalah berdasarkan poin-
    poin yang telah ditentukan.
    d. Dapat melihat rekapitulasi seluruh data hasil seminar nasional.
  2. Bagi Calon Peserta/Pemakalah
    a. Dapat melakukan pendaftaran secara online.
    b. Dapat mengirimkan dokumen secara.
    c. Memudahkan calon peserta dalam mendapatkan informasi terkait seminar
    nasional.

F.   Landasan Teori

  1. Sistem Informasi

Menurut Stephen A. Moscove dan Mark G. Simkin (1984), Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari interaksi subsistem yang berusaha untuk mencapai tujuan (goal) yang sama. Menurut Frederick H. WU (1984).

Menurut Henry C. Lucas, Jr  (1982), Informasi adalah kenyataan yang tampak maupun tidak tampak yang tersedia untuk mengurangi ketidakpastian tentang beberapa keadaan atau kejadian. Menurut Barry E. Cushing (1974), Informasi menunjukkan hasil dari pengolahan data yang diorganisasikan dan berguna kepada orang yang menerimanya

Suatu sistem informasi (SI) dapat didefinisikan secara teknis sebagai suatu rangkaian yang komponen-komponennya saling terkait yang mengumpulkan (dan mengambil kembali), memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan mengendalikan perusahaan. (Laudon,2014).

2. Administrasi

Menurut Soewarno Handayaningrat (1988:2) mengatakan “Administrasi secara sempit berasal dari kata Administratie (bahasa belanda) yaitu kegiatan catat-mencatat,surat-menyurat,pembukuan yang ringan,ketik-mengetik,agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausaahaan”.

3. Basis Data

Basis data dapat didefinisikan sebagai himpunan kelompok data yang saling berhubungan yang diorganisasikan sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah. Prinsip utamanya adalah pengaturan data. Tujuan utamanya kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan kembali data. Di setiap organisasi atau perusahaan maka untuk mencapai efisiensi, daya saing, dan kecepatan operasional organisasi atau perusahaan digunakanlah aplikasi Sistem Informasi yang biasanya menggunakan perangkat komputer. Basis data adalah satu komponen utama dalam sistem informasi dan tidak ada sistem informasi yang bisa dijalankan tanpa adanya basis data. Jadi pada intinya untuk meningkatkan kinerja perusahaan menggunakan aplikasi berbasi komputer maka basis data mutlak digunakan.

4. Seminar

Yang dimaksud dengan seminar adalah pertemuan untuk membahas suatu masalah yang dilakukan secara ilmiah. Pada seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja yang sebelumnya telah dipersiapkan.

5. Pendaftaran

Pendaftaran memiliki 2 arti. Pendaftaran berasal dari kata dasar daftar. Pendaftaran adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Pendaftaran memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga pendaftaran dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

6. Seleksi

Dale Yoder (1981), seleksi adalah suatu proses ketika calon karyawan dibagi dua bagian, yaitu yang akan diterima atau yang ditolak. Malayu Hasibuan, seleksi adalah suatu kegiatan pemilihan dan penentuan pelamar yang akan diterima atau ditolak untuk menjadi karyawan perusahaan. Seleksi ini didasarkan kepada spesifikasi tertentu dari setiap perusahan bersangkutan.

7. Plotting atau Penentuan

Penentuan memiliki 1 arti. Penentuan berasal dari kata dasar tentu. Penentuan memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga penentuan dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

G.   Metode Penelitian

1. Rancangan Penelitian

Rancangan penelitian pada Sistem Informasi Administrasi Seminar Nasional memiliki 3 metode sebagai berikut:

a. Metode Observasi
Dalam metode observasi ini dilakukan sebuah penelitian sistem terhadap kegiatan           divisi Pengembangan Jasa Teknis untuk dapat memahami alur sistem yang ada
pada lembaga tersebut.
b. Metode Wawancara
Wawancara langsung dilakukan kepada Pelaksana Divisi Pengembangan Jasa
Teknis agar mendapatkan informasi yang valid.
c. Studi Kepustakaan
Dilakukan dengan cara mencari informasi dari berbagai literatur yang
berhubungan dengan pembuatan Sistem Informasi Seminar Nasional.

2. Analisis, Perancangan dan Implementasi

1. Analisis

Menganalisa sistem merupakan langkah awal dalam membuat sistem baru.  Dalam analisis sistem digunakan metode – metode yang telah dijelaskan pada poin rancangan penelitian di atas, yaitu metode observasi, metode wawancara, dan studi kepustakaan.

2. Perancangan

Perancangan sistem merupakan tahap pengembangan setelah analisis sistem dilakukan. Beberapa proses dalam perancangan sistem yaitu pembuatan Document Flow, System Flow, Context Diagram, Data Flow Diagram (DFD), struktur tabel dan desain rancangan masukan dan keluaran.

contextdiagram

Gambar 1 Diagram Konteks Level 0 Sistem Informasi Seminar Nasional

Daftar Pustaka

Ardana, I Cenik dan Hendro Lukman. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

H.M., Jogiyanto. 1997. Sistem Informasi Berbasis Komputer Konsep Dasar dan Komponen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hidayatullah, Priyanto dan Jauhari Khairul Kawistara. 2014. Pemrogaraman Web Edisi Revisi. Bandung: Informatika.

Mujilan, Agustinus. 2013. Analisis dan Perancangan Sistem. Madiun: Universitas Widya Mandala.

Munif, Abdul. 2013. Basis Data. Jakarta: Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.

Sora. 2000. Pengertian Seminar Dan Fungsinya Serta Susunan Acaranya. Diambil dari: http://www.pengertianku.net/2016/03/pengertian-seminar-dan-fungsinya-serta-susunan-acaranya.html. (22 September 2017).

Staf. 2017. Arti makna pengertian dan definisi dari Penentuan. Diambil dari: https://www.apaarti.com/penentuan.html. (22 September 2017).

Staf. 2017. Arti makna pengertian dan definisi dari Pendaftaran. Diambil dari: https://www.apaarti.com/pendaftaran.html. (22 September 2017).

Poe, Ucoe. 2016. Pengertian CodeIgniter: Fungsi, kelebihan, dan kekurangannya. Diambil dari: http://www.ucoepoe.com/2016/05/pengertian-codeigniter-fungsi-kelebihan-dan-kekurangannya.html. (16 Mei 2016).

 

 

creativity and innovation

MI Magz (Digital Magazine)

Halloo kawan!! Salam dari kami tim redaksi MIMAGZ, pada matakuliah kreativitas dan inovasi kelompok kami mengangkat majalah berbasis digital. Di edisi pertama kali ini kami meliput beberapa informasi, yng pertama tentang program studi D3 Manajemen Informatika dari sejarah, budaya, pengenalan dan kompetesi kelulusan. Kedua kami memberikan informasi terkait pengenalan himpunan mahasiswa dan kegiatan program kerja HMD3MI salah satunya POINTER dan ada agenda HMD3MI Studi Banding dengan himit Pens. Ketiga informasi terkait kegiatan prodi salah satunya kuliah tamu. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi bagi generasi muda Indonesia!

 

Tema diatas kami buat bertujuan untuk memperkenalkan prodi kami dimana prodi yang yang mencetak programmer berbasis mobile, dan juga dituntut agar bisa menjadi seoang technopreneur. Untuk budayanya diprodi kami mayoritas kuliah on time dan ada juga beberapa yang lulus hanya 2,5 tahun.

 

Pengalaman yang paling berkesan saat kuliah di prodi D3MI adalah pada kegiatan Sharing Prodi dimana pada kegiatan tersebut sebagai wadah aspirasi mahasiswa tentang perkuliahan / pembelajaran lain non kuliah seperti sharing dunia kerja, softskill dan lain-lain yang tentunya sangat  bermanfaat.

 

Berikut link majalah digital MI Magz, https://goo.gl/ic4kRn

 

Salam Kreatifitas, Muhammad Mustajib

Email Mahasiswa : 15390100039@stikom.edu

DIII Manajemen Informatika

http://mi.stikom.edu

Dose : Titik Lusiani, M.Kom,OCP

http://blog.stikom.edu/lusiani

https://titiklusiani.wordpress.com

http://www.stikom.surabaya